Bangkitnya Kembali Model Atap Rumah Berdesain Minimalis Logam

Di era tahun 1700 an, desain rumah didominasi oleh atap yang berbahan fabrikasi, seperti halnya tembaga, senk, dan juga timah. Sehingga tak heran bila kebanyakan bangunan-bangunan bersejarah banyak didominasi oleh bentuk atap ini. Akan tetapi, tahukan Anda bila bahan-bahan logan dan sejenisnya kini kembali mewarnai bentuk atap pada desain rumah minimalis? Pastinya akan ada alasan dibali bangkitnya kembali jenis atap rumah dari bahan-bahan ini. diantaranya adalah timah, seng, aluminium, tembaga, dan juga baja galvanis.

Contoh bentuk atap pada desain rumah minimalis dengan bahan logam

Setelah dibangun bertahun-tahun lamanya, mungkin saja rumah Anda akan memerlukan penggantian atap, hal ini bisa saja terjadi karena bentuknya yang sudah usang atau pun ketinggalan jaman, sehingga Anda akan memerlukan sesuatu yang lebih fresh dan enak dipandang. Tetapi, penggantian atap pada desain rumah minimalis yang simpel dan sederhana sekalipun akan membutuhkan biaya yang cukup fantastis. Sebab, Anda harus membongkar atap lama serta memasang atap yang baru.

Akan tetapi, kebangkitan kembali atap yang terbuat dari bahan logam ini akan membuat penggantian atap jadi lebih sederhana. Atap logam ini sangat cocok dipasangkan sebagai atap pelapis, sehingga atap tidak perlu dibuka. Lagipula, logam cocok sekali dipakai untuk atap berbentuk curam, miring, dan datar, dengan daya tahan yang nyaris tidak akan tertandingi. Selanjutnya, atap logam ini juga tahan api, tiadk membutuhkan pemeliharaan yang rumit, dan juga hemat energi, sebab bahan logam akan memantulkan cahaya serta menghambat masuknya panas ke loteng rumahnya.

Bahkan ada sebuah penelitian yang dilakukan di Florida Solar Energy Center di tahun 1985 telah menemukan bahwasannya atap logam ini menyerap 34 persen lebih sedikit panas, bila dibandingkan dengan jenis atap lainnya. Kebangkitan kembalinya jenis atap ada desain rumah minimalis dari bahan logam ini dipicu oleh kekhawatiran masyarakat modern terhadap keberlanjutan lingkungan hidupnya.

Faktor yang harus diperhatikan dalam membangun atap rumah minimalis berbahan logam

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki rumah dengan atap berbahan logam ini, bukan berarti atap logam tersebut tidak memiliki kekurangan. Pertamanya atap logam perlu teknik pemasangan khusus, sehingga akan dianjurkan untuk dilakukannya oleh para ahli. Akibatnya biaya pemasangan di awalnya mungkin jauh lebih besar, apalagi bila Anda menggunakan logam premium yang berkualitas baik. Oleh karenanya, Anda juga harus mengkonsultasikan perihal biaya secara keseluruhan, termasuk biaya material, biaya pemasangan, hingga dengan penghematan-penghematan yang didapatkan dibandingkan dengan jenis atap untuk desain rumah minimalis lainnya.

Demikianlah tadi sekilas tentang bangkitnya kembali model atap rumah berdesain minimalis bahan logam, semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *