Bisakah Membuat SHM hanya dengan AJB?

300 viewssertifikattanah
0

Pengalaman seseorang:

saya sudah membeli tanah kavling seluas 350m persegi, dan sudah ada AJB nya, sekarang saya kesulitan untuk membuat SHM, karena orang yang punya sertificatenya seperti menghindar dengan sejuta alasan yg katanya statusnya masih perubahan dari tanah sawah ke tanah darat belum selesai2 dsb, dan saya sempat menanyakan ke BPPN untuk pembuatan sertificate katanya harus dipecah dulu dari sertificate aslinya, cuma masalahnya ya itu yang punya nya seperti menghindar dan sulit dihubungi.

Dengan AJB yang sudah saya miliki, apakah saya bisa membuat sertificate sendiri? karena saya khawatir tanah tsb dijual kembali ke orang lain, apakah hal ini mungkin terjadi?
Apa yang harus saya lakukan selanjutnya? mohon penjelasannya.

Changed status to publish
0

Tidak ada jalan lain, ketika akan mengurus sertifikat harus menghadirkan sertifikat induknya.
Harusnya ketika membeli harus disertai penyerahan sertigikat induk ke notaris dan notaris yang mengurus pemecahan sertifikat. Setelah sertifikat pecah barulan dilunasi pembayaran.

Ini pelajaran juga bagi pembaca yang lain. Agar ketika membeli tanah sebagian harus disertai dengan pemecahan sertifikat tanah yang dipecah itu. jika belum pecah sertifikatnya buat saja dulu pengikatan jual beli. pembayaran jangan dilunasi. lunasnya setelah sertifikat selesai dipecah.

Jika penjual tidak mau dengan skema seperti itu gimana? CARI TANAH LAIN!!!
masih banyak tanah yang bisa dibeli.

Changed status to publish